Hari pertama, ada 2 kecamatan yang dilakukan penilaian oleh Tim kelompok Asman Toga Pemkab Pamekasan. Salah satunya Kecamatan Palengaan dengan nama kelompok Asman Toga Rosari (Rombuh Sehat Sehari-hari), Desa Rombuh, Kecamatan Palengaan.

Tim penilaian lintas program dan lintas sektor tersebut diketuai oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Pamekasan Amir Chamdani yang didampingi Kasi Pelayanan Kesehatan Tradisional, Ibu Sri Astutik, B.Sc dan beberapa instansi Perangkat Daerah (OPD) terdiri dari Bappeda, DPMD, Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Pemkab Pamekasan.

Kedatangannya, untuk melakukan verifikasi lapangan. Tahap selanjutnya ia bersama timnya akan melihat langsung pelaksanaan Asman Toga dimasing-masing kecamatan yang dipilih.

“Penilaian diawali dari administrasi kecamatan, puskesmas sampai desa. Tim akan melihat seperti apa kebijakan kecamatan dalam mendukung program kelompok Asman pemanfaatan Toga,” jelasnya.

Menurutnya, Tim kelompok Asman Toga Pemkab Pamekasan, akan melakukan penilaian kelompok Asman Toga di 13 Kecamatan secara bergilir yang tersebar di Kabupaten Pamekasan.

“Untuk hari ini ada dua kecamatan, ada Pegantenan dan Palengaan, besok jadwalnya di Kecamatan Pamekasan lokasinya di Desa Teja Timur, dan dipastikan nantinya 13 kecamatan selesai semua,” paparnya.

Selain itu, kata Amir Chamdani, Asman Toga di desa, sebagai taman rekreasi dan edukasi sebagai inovasi, juga untuk mendukung program PKK kabupaten.

“Yaitu, Ngabdi Gerus, Ngajum Abereng Samawa dan untuk membentuk Keluarga interpreneur usaha Sukses,”

Sementara itu, Kasi Pelayanan Kesehatan Tradisional, Sri Astutik, B.Sc menyampaikan, tujuan dilakukannya penilaian Kelompok Asman Toga, untuk mengedukasi masyarakat agar tahu mamfaatnya, dan terdorong untuk menanam disekitaran rumah.

“Tentu dengan Toga bisa mengatasi gangguan kesehatan ringan secara mandiri dan benar, serta akurpresur melalui kemampuan asuhan mandiri, melalui program tersebut Taman Toga yang ada menjadi sarana edukasi Toga bagi generasi muda dan anak sekolah,” jelasnya.

Setelah penilaian, lanjut Sri Astutik, akan dipilih dan diikutkan lomba Kelompok Asman Toga tingkat provinsi.

“Nilainya yang bagus, nanti akan ditunjuk untuk mewakili di kabupaten ditingkat provinsi,” Imbuhnya.

Sementara itu Plt. Camat Palengaan Abdul Munif mengucapkan terimakasih dan dirinya sangat mendukung atas penilaian verifikasi lapangan dari Pemkab Pamekasan.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan peninjauan lapangan penilaian kelompok Asman Toga dan Akupresur tingkat kecamatan akan menjadi pendorong berkembangnya pelayanan kesehatan tradisional di Kecamatan Palengaan, kami berharap semoga hasil verifikasi lapangan sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan, lebih baik dari profil yang sudah disampaikan,” harapnya.