Transformasi LSM GMBI, Rakerdis DPD Kabupaten Bogor Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah

- Pewarta

Kamis, 7 September 2023 - 19:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

BOGOR, nusainsider.com Sampah merupakan sebuah polemik yang susah sekali untuk di bereskan. Pasalnya sampah yang ada di kota – kota besar merupakan sebuah permasalahan yang tidak ada ujungnya ketika membahas akan hal ini.

Hampir disetiap sudut kota kita bisa menemui banyak sekali sampah yang beserakan. Dan masalah sampah jika tidak ada peran serta masyarakat serta seluruh lapisan akan selamanya menjadi masalah tanpa solusi.

Seperti yang saat ini masih menjadi PR di Pemerintahan Kabupaten Bogor, khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Hal ini juga menjadi perhatian besar bagi Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) Distrik Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Barikade Gus Dur Jatim; Yenny Wahid Hadiri Harlah Gus Dur 2023 di Jombang, Begini Pesannya

Bahkan polemik tumpukan sampah di segala wilayah di Kab. Bogor dijadikan pokok utama dalam pembahasan acara Rapat Kerja Distrik (Rakerdis) tahin 2023 bertema Transformasi LSM GMBI Dalam Rangka Bela Negara Penerapan Teknologi Dalam Percepatan Pengelolaan Sampah Yang Efisien Dan Berkelanjutan Demi Mewujudkan Kabupaten Bogor Bersih Dan Indah, pada Rabu (6/9/2023) di Gedung Tegar Beriman milik Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Kapolresta Deli Serdang Sholawatan dan Tahlilan Bersama Jama'ah Majelis Sholawat Ahlul Kirom

Dalam sambutannya, Ketua Distrik Kab. Bogor LSM GMBI, Novi Yanti Rosah, S.E mengatakan siap bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menanggulangi permasalahan sampah.

“Ya memang pengelolaan sampah di kabupaten bogor sampai saat ini masih menjadi PR bagi kita semua, khususnya pemerintah daerah, tidak heran jika permasalahan sampah di daerah ini setiap hari membuat hati miris jika kita melihat tumpukan sampah di mana-mana.

Berangkat dari permasalahan itulah, kami ingin sekali membantu dalam hal penanganan sampah tersebut agar tercipta suasana yang nyaman bersih serta indah, seperti yang ada pada tema rakerdis Kab. Bogor LSM GMBI  ini,”ujar wanita yang akrab disapa Bunda Novi didampingi Sekretaris Distrik Kabupaten Bogor LSM GMBI, AA Mulyadin, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Novi menjelaskan, LSM GMBI telah memiliki alat pengelolaan sampah yang sudah diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca Juga :  Baznas Jatim Serahkan Bantuan Properti 400juta kepada Baznas Sumenep

“Dalam Rakerdis ini kita sekaligus memperkenalkan sistem pengelolaan sampah yang menjadi program kerja kami, khususnya di wilayah Kabupaten Bogor bahkan alat yang kami miliki juga sudah diterapkan di sebagian wilayah Indonesia.

Tunggu saja, nanti akan diimplementasikan di kabupaten Bogor kok, “tegasnya dengan logat Betawi kentalnya.

Pernyataan senada juga diungkapkan Sekdis sekaligus Ketua Panitia Acara AA Mulyadin, mengatakan bahwa pihaknya tidak hanya sekedar menyoroti permasalahan sampah, tapi juga memberikan solusi.

Nah disini, LSM GMBI sudah memiliki solusi. Sesuai motto kabupaten Bogor adalah Tegar Beriman sebagai perwujudan dari Prayoga Tohaga Sayaga dan tentang budaya bangsa maka dalam Rakerdis kali ini mengangkat permasalahan sampah dan itu bukti kepedulian LSM GMBI terhadap permasalahan sampah, khususnya di kabupaten bogor.

Kedepan kami berharap ini juga didukung oleh pemerintah daerah, “ujar AA Mulyadin.

Di kesempatan itu, pria yang akrab disapa Mulyadin ini juga mengajak tamu undangan yang hadir turut mendoakan Ketua Umum LSM GMBI H. M Fauzan Rahman SE yang saat ini masih menjalani proses penyembuhan hingga tidak dapat menghadiri Rakerdis Kabupaten Bogor dan kabupaten lainnya.

Baca Juga :  Autopro Additive Matic "SOLUSI HEMAT JUTAAN RUPIAH,TANPA HARUS KE BENGKEL"

“Mari kita sama-sama memanjatkan doa untuk Ketua Umum LSM GMBI yang kami sayangi yakni bapak H. Mohammad Fauzan S.E agar di beri kesembuhan oleh Allah SWT dan kembali beraktifitas sosial ber sama-sama dengan seluruh anggota LSM GMBI membantu masyarakat bawah, “ujar Mulyadin di depan tamu undangan mulai dari perwakilan DPP LSM GMBI, Forkofinda, Ormas dan wartawan serta para anggota LSM GMBI dari beberapa wilayah.

Kadiv Ekonomi DPP LSM GMBI , Sigit Priatna Putra yang hadir sebagai tamu kehormatan bersama dua orang utusan perwakilan dari DPP LSM GMBI juga turut memberikan dukungan atas tema yang diangkat dalam Rakerdis Kabupaten Bogor tahun 2023.

“Tema yang diangkat oleh Distrik Kabupaten Bogor pada Rakerdis  ini sangatlah menarik, yakni tentang penerapan teknologi dalam percepatan pengelolaan sampah yang efisien dan berkelanjutan demi mewujudkan Kabupaten Bogor bersih dan Indah.

Harapannya, pemerintah kabupaten Bogor dapat bersinergi dalam hal mendukung program-program positif yang dibuat oleh LSM GMBI, terutama dalam hal pengelolaan sampah di kabupaten Bogor ini. Dan dalam ini, DPD GMBI Kabupaten Bogor segera menginflementasikan penanganan sampah ini agar bisa menjadi solusi bagi perwujudan Kabupaten Bogor yang bersih dan indah, “tegas Sigit didampingi Kadiv Sosial Budaya DPP LSM GMBI.

Sudjana selaku perwakilan dari Kesbangpol Kabupaten Bogor turut mengapresiasi kegiatan Rakerdis DPD Kab. Bogor LSM GMBI.

“Ini merupakan kegiatan yang positif terlebih dalam Rakerdis ini juga LSM GMBI Kabupaten Bogor memiliki program kerja yang sangat menarik dan membantu program pemerintah daerah dalam menciptakan Kabupaten Bogor yang bersih dan indah. Semoga program ini dapat terwujud secepatnya, “dukung Sujana sembari mendapat tepuk tangan dari para tamu undangan mulai dari Kabid Satpol PP Kabupaten Bogor, Perwakilan DLH, Komandan DenpomDenpom Kabupaten Bogor, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bogor, para Ketua Ormas, serta anggota LSM GMBI lainnya

Rakerdis Kabupaten Bogor LSM GMBI  yang juga di isi dengan doa bersama bagi kesembuhan Ketua Umum LSM GMBI H. M. Fauzan Rachman, SE ini  juga ditutup dengan  tarian tradisional  persembahan dari Dewan Kesenian Kabupaten Bogor.

Sajian hiburan tersebut, sontak membuat sekitar 150 tamu undangan terpukau dengan sajian sebagai penutup acara.

Loading

Berita Terkait

Bappeda Sumenep Mulai Sinkronisasi RKPD dengan KEM-PPKF 2025, Ini Tujuannya
SKK Migas Terus Mendorong Pelaksanaan Peningkatan TKDN di Hulu Migas
Pasca dilantik, FPR Sumenep Warning Kades Raas Agar Tidak Main-Main Dalam Mengelola Dana Desa
di Hadiri 1500 Peserta, Kegiatan IOG SCM SUMMIT 2024 Tingkatkan Efisiensi Melalui Keterbukaan dan Sinergi Berlangsung Sukses
Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445H, Bupati Sumenep Keluarkan Surat Edaran Begini
Viral Vidio Aksi Mahasiswa Bubarkan Kegiatan Bimtek Se Kab. Palas, Diduga Dana 12 M Diselewengkan
Pengawasan Anak Putus Sekolah di Kota Medan dan Deli Serdang, Sumatera Utara
Bukti Implementasi Jatim CETTAR, Ning Lia Sebut Bus Jatim Multiplier Effect

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:42 WIB

Bappeda Sumenep Mulai Sinkronisasi RKPD dengan KEM-PPKF 2025, Ini Tujuannya

Selasa, 11 Juni 2024 - 22:11 WIB

SKK Migas Terus Mendorong Pelaksanaan Peningkatan TKDN di Hulu Migas

Selasa, 11 Juni 2024 - 21:38 WIB

Pasca dilantik, FPR Sumenep Warning Kades Raas Agar Tidak Main-Main Dalam Mengelola Dana Desa

Selasa, 11 Juni 2024 - 20:17 WIB

di Hadiri 1500 Peserta, Kegiatan IOG SCM SUMMIT 2024 Tingkatkan Efisiensi Melalui Keterbukaan dan Sinergi Berlangsung Sukses

Minggu, 9 Juni 2024 - 15:34 WIB

Viral Vidio Aksi Mahasiswa Bubarkan Kegiatan Bimtek Se Kab. Palas, Diduga Dana 12 M Diselewengkan

Jumat, 7 Juni 2024 - 10:05 WIB

Pengawasan Anak Putus Sekolah di Kota Medan dan Deli Serdang, Sumatera Utara

Selasa, 4 Juni 2024 - 13:57 WIB

Bukti Implementasi Jatim CETTAR, Ning Lia Sebut Bus Jatim Multiplier Effect

Minggu, 2 Juni 2024 - 17:30 WIB

45 Kader Digital Sumenep Ikuti Bimbingan Kader Digital Desa di Jakarta

Berita Terbaru