Larang Publik Mem-bully, Begini Pengakuan Ustaz Derry Sulaiman yang Dampingi saat Inara Rusli Lepas Cadar

- Pewarta

Jumat, 19 Mei 2023 - 23:59 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sebelum memutuskan untuk menanggalkan cadar atau nikabnya, Inara Rusli sudah bertanya terlebih dahulu kepada Ustaz Derry Sulaiman mengenai hukum bercadar. (Foto: YouTube/ Intens Investigasi)

Sebelum memutuskan untuk menanggalkan cadar atau nikabnya, Inara Rusli sudah bertanya terlebih dahulu kepada Ustaz Derry Sulaiman mengenai hukum bercadar. (Foto: YouTube/ Intens Investigasi)

ENTERTAINMENT, Nusainsider.com — Inara Rusli membuat keputusan yang cukup mengejutkan publik di tengah kasus perceraiannya dengan penyanyi Virgoun. Bagaimana tidak, Inara Rusli kini memilih mantap untuk melepas nikab atau cadarnya.

Namun rupanya, sebelum memutuskan untuk menanggalkan cadar atau nikabnya, Inara Rusli sudah bertanya terlebih dahulu kepada Ustaz Derry Sulaiman mengenai hukum bercadar. Sang Ustaz menjelaskan bahwa dalam Islam, bercadar bukanlah kewajiban.

“Saya bilang cadar itu tidak wajib, sunnah. Maknanya kalau lihat orang bercadar, jangan dibilang itu salah. Itu urusan dia menutup wajahnya. Yang bercadar pun tidak boleh menyalahkan yang tidak bercadar,” kata Ustaz Derry Sulaiman dikutip dari Intens Investigasi, Jumat (19/5/2023).

“Membuka wajah (tak pakai cadar) seperti kakak-kakak ini tidak berdosa, itu bukan sebuah kemaksiatan. Aku tanya, kenapa Inara tanya begitu? ‘Aku mungkin harus bekerja dan daruratnya pekerjaanku ternyata ini’, ada hubungannya dengan kecantikan,” sambungnya.

Di hadapan publik dengan kamera para wartawan yang menyala, Inara Rusli meminta izin untuk melepas cadarnya. Tujuannya adalah untuk mempermudahnya bekerja, mencari nafkah jika harus berpisah dari suami.

“Boleh saya buka? Izin saya buka ya bismillah saya buka, saya pakai karena Allah, saya buka karena Allah untuk menghidupi anak-anak saya,” ucap wanita berusia 30 tahun tersebut.

Ustaz Derry Sulaiman yang juga merupakan sahabat Inara Rusli itu kemudian mengungkapkan, sekitar lima tahun yang lalu, Virgoun sendiri yang meminta istrinya bercadar. Itu lantaran dia tak suka kecantikan istrinya dilihat banyak orang.

“Inara bernikab ada hubungannya dengan saya, istri dan keluarga. Dulu Inara dan Virgoun datang ke rumah, Virgoun cerita istri sering digodain orang karena terlalu cantik. Akhirnya disuruh dan waktu itu kita pakaikan beberapa tahun yang lalu,” ujar Derry.

Baca Juga :  Jadestone Energy (Lemang) Pte. Ltd. Memasuki Final Commissioning Fasilitas Gas

Namun sejak isu perselingkuhan meledak, Virgoun malah meminta istrinya untuk melepas cadarnya. Inara pun curhat tentang kondisi ini kepada sang ustaz.

Berikut sederet pengakuan Ustaz Derry Sulaiman sebelum akhirnya Inara Rusli memilih mantap untuk melepas nikab atau cadar dihimpun Nusainsider.com

1. Sempat Minta Saran, Diminta Salat Istikharah

“Waktu itu dia malam-malam ke rumah. Dia nangis peluk aku, ‘Kak gimana ini aku harus kerja’. Terus aku bilang ‘Boleh kok kalau mau dibuka, kalau harus bekerja untuk cari nafkah’,” ucap Antika dalam sesi wawancara berbeda dilansir dari Kapanlagi. [Foto: Bayu Herdianto/KapanLagi.com]
Di tengah kasus perceraiannya dengan Virgoun, Inara Rusli membuat sebuah keputusan besar. Ibu tiga anak ini mantap melepas nikab atau cadarnya.

Namun, sebelum melancarkan keputusannya itu, Inara Rusli sudah bertanya terlebih dahulu kepada Ustaz Derry Sulaiman mengenai hukum bercadar. Sang Ustaz menjelaskan bahwa dalam Islam, bercadar bukanlah kewajiban.

“Saya bilang cadar itu tidak wajib, sunnah. Maknanya kalau lihat orang bercadar, jangan dibilang itu salah. Itu urusan dia menutup wajahnya. Yang bercadar pun tidak boleh menyalahkan yang tidak bercadar,” kata Ustaz Derry Sulaiman dikutip dari Intens Investigasi, Jumat (19/5/2023).

“Membuka wajah (tak pakai cadar) seperti kakak-kakak ini tidak berdosa, itu bukan sebuah kemaksiatan. Aku tanya, kenapa Inara tanya begitu? ‘Aku mungkin harus bekerja dan daruratnya pekerjaanku ternyata ini’, ada hubungannya dengan kecantikan,” sambungnya.

Di hadapan publik dengan kamera para wartawan yang menyala, Inara Rusli meminta izin untuk melepas cadarnya. Tujuannya adalah untuk mempermudahnya bekerja, mencari nafkah jika harus berpisah dari suami.

“Boleh saya buka? Izin saya buka ya bismillah saya buka, saya pakai karena Allah, saya buka karena Allah untuk menghidupi anak-anak saya,” ucap wanita berusia 30 tahun tersebut.

Sebelumnya Ustaz Derry Sulaiman juga sudah menyarankan Inara untuk salat istikharah, meminta petunjuk bahwa keputusannya sudah tepat.

“Jadi tolong suatu hari kalau netizen melihat Ina membuka cadarnya jangan bully karena itu bukan kemaksiatan, itu hukumnya boleh-boleh saja. Jadi kalau Ina tanya boleh enggak buka cadar? Silahkan. Istikharah saja, karena untuk memakai itu butuh iman yang kuat,” kata Derry.

Baca Juga :  Partai Nasdem Gelar Apel Perubahan, AHY Sampaikan Pesan Penting Koalisi Perubahan

2. Buka Cadar Demi Untuk Hidupi Anak-anaknya, Minta Tak Di-bully Meski Dibolehkan

Setelah sang suami memberikan talak, Inara Rusli istri Virgoun datang malam-malam ke rumah istri Derry Sulaiman. Perempuan tiga orang anak itu mengutarakan ingin mandiri. Tak mau bergantung dengan Virgoun, Inara ingin mencari nafkah buat anak-anaknya. [Foto: Bayu Herdianto/KapanLagi.com]
Inara Rusli menjelaskan alasan membuka cadar untuk mencari nafkah untuk ketiga anak-anaknya. Sebab, ia akan bekerja dengan salah satu produk skincare yang akan memperlihatkan wajah aslinya.

Ia pun mengaku ada risiko seperti hujatan dari publik atas keputusannya ini. Namun, ia tetap ingin melakukannya dan tak ingin mempermasalahkannya.

“Bully itu enggak ada apa-apanya buat saya, yang paling penting saya bisa menghidupi anak-anak saya,” ujar Inara.

Ustaz Derry pun bertanya kepada Inara mengenai alasannya membuka cadar. Derry mengatakan, cadar bukan termasuk wajib, tetapi sunnah.

“Membuka wajah (tak pakai cadar) seperti kakak-kakak ini tidak berdosa, itu bukan sebuah kemaksiatan. Aku tanya, kenapa Inara tanya begitu? ‘Aku mungkin harus bekerja dan daruratnya pekerjaanku ternyata ini’, ada hubungannya dengan kecantikan,” ucap Derry.

Sementara, respons dari warganet sebagian memaklumi pilihan Inara karena alasan bekerja untuk produk skincare. Namun, tak sedikit pula warganet yang menyayangkan Virgoun yang telah melepaskan istri seperti Inara Rusli.

Ustaz Derry Sulaiman mengimbau masyarakat untuk tidak merundung Inara Rusli atas keputusannya.

“Ina mengundang aku di sini untuk menjelaskan hukum tentang niqab. Ini hal yang dbolehkan jadi jangan sampai ada bully-an yang akhirnya bikin kalian semua berdosa, gitu,” ujar Derry.

3. Terungkap Ternyata Virgoun Pernah Suruh Inara Rusli Lepas Cadar tapi Sempat Ditolak

Dengan mengucap lafaz basmalah, Inara membuka cadar untuk pertama kalinya di hadapan awak media. Sehingga, seterusnya Inara tak mengenakan cadar. Dalam jumpa pers tersebut, Inara didampingi oleh Ustaz Derry Sulaiman dan dokter Richard Lee. [Foto: Bayu Herdianto/KapanLagi.com]
Kemudian, Ustaz Derry Sulaiman menyampaikan bahwa sekitar lima tahun yang lalu, Virgoun yang meminta istrinya bercadar. Itu lantaran dia tak suka kecantikan istrinya dilihat banyak orang.

“Inara bernikab ada hubungannya dengan saya, istri dan keluarga. Dulu Inara dan Virgoun datang ke rumah, Virgoun cerita istri sering digodain orang karena terlalu cantik. Akhirnya disuruh dan waktu itu kita pakaikan beberapa tahun yang lalu,” ujar Derry.

Baca Juga :  DLH Sumenep Optimis Mampu Tingkatkan PAD 2024, Senilai 300 Juta

Namun sejak isu perselingkuhan meledak, Virgoun malah meminta istrinya untuk melepas cadarnya. Inara pun curhat tentang kondisi ini kepada sang ustaz.

“Setelah terjadi persoalan ini, Inara menghubungi saya gara-gara Virgoun menyuruh dia membuka cadar. Aku enggak percaya awalnya, masa sih kan dia yang senang, dia yang nyuruh, kok dia yang suruh buka,” tutur Derry.

“Aku telepon Virgoun, benar enggak suruh Ina buka cadar. ‘Betul Kanda, aku ingin Ina seperti biasa aja biar keluarga bisa melihat kecantikan dia, bukan aku aja’ Aku kasih tahu Ina,” sambungnya.

Kala itu, ibu tiga anak ini masih menolak mentah-mentah permintaan suaminya melepas nikab meski tahu hukum memakai cadar tidak wajib bagi muslimah.

“Jadilah percekcokan masalah cadar juga ada. Kemudian setelah masuk gugatan cerai dari Virgoun, Ina ke rumah dia curhat, nangis peluk-pelukan sama istri lama banget,” kata Derry.

“Terus cerita, ‘Aku tidak yakin, ke depan masalah keperluan hidup, aku harus kerja’. Dan Ina akhirnya tanya, boleh enggak kalau lepas cadar. Saya bilang cadar itu tidak wajib, cadar itu sunah,” sambung Derry.

Loading

Berita Terkait

Sukir Ahmad Mahasiswa Unisma Malang Raih Juara Satu Lomba Menulis Artikel Nasional
Disperkimhub Sumenep Berupaya Tertibkan Parkir Liar depan Pemkab Sumenep, Begini
GARI dan Bea Cukai Madura Amini Soal Keberadaan Bigbos dibelakang Permainan Rokok Ilegal.
Dorong UMKM Naik Kelas: KKN 122 Banyuwangi Gelar Pelatihan Digitalisasi Usaha
Disperkimhub Sumenep Gelar Sosialisasi dan Validasi Hasil Pemetaan GIS
Polres Sumenep Gelar Gaktibplin Personel Ciptakan Kedisiplinan Dalam rangka Ops Patuh Semeru 2024
Hadir di Bangkalan, Senator Terpilih Ini Sebut Bus Trans Jatim Miliki Inner Beauty
Menegangkan, ALARM Sumenep akan Laporkan Pelanggaran Proyek Perbaikan Terminal Arya Wiraraja

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:55 WIB

Sukir Ahmad Mahasiswa Unisma Malang Raih Juara Satu Lomba Menulis Artikel Nasional

Kamis, 18 Juli 2024 - 09:17 WIB

Disperkimhub Sumenep Berupaya Tertibkan Parkir Liar depan Pemkab Sumenep, Begini

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:23 WIB

GARI dan Bea Cukai Madura Amini Soal Keberadaan Bigbos dibelakang Permainan Rokok Ilegal.

Rabu, 17 Juli 2024 - 16:47 WIB

Dorong UMKM Naik Kelas: KKN 122 Banyuwangi Gelar Pelatihan Digitalisasi Usaha

Rabu, 17 Juli 2024 - 14:11 WIB

Disperkimhub Sumenep Gelar Sosialisasi dan Validasi Hasil Pemetaan GIS

Rabu, 17 Juli 2024 - 11:46 WIB

Hadir di Bangkalan, Senator Terpilih Ini Sebut Bus Trans Jatim Miliki Inner Beauty

Senin, 15 Juli 2024 - 15:21 WIB

Menegangkan, ALARM Sumenep akan Laporkan Pelanggaran Proyek Perbaikan Terminal Arya Wiraraja

Sabtu, 13 Juli 2024 - 09:13 WIB

Melalui Tulisan, Lia Istifhama Raih Penghargaan Tokoh Inspiratif Penggerak Literasi

Berita Terbaru