Pemred Media Se-Jabanusa Hadiri Lokakarya III SKK Migas : Dukung Tercapainya Ketahanan Energi

- Pewarta

Rabu, 15 November 2023 - 14:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BALI, nusainsider.com Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusa) menyelenggarakan Lokakarya III Media, Rabu-Kamis, 15-16/11/2023.

Lokakarya dilaksanakan di Lantai II Hotel The Trans Resort Bali tepatnya di Jalan Sunset Road Nomor 30 Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, diikuti puluhan Pimpinan redaksi media siber, cetak, televisi, dan radio di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Selain itu, kegiatan tersebut juga didukung dan dihadiri KKKS bersama Pimpinan Redaksi (Pemred) media Se-Jabanusa.

Ketua Panitia Lokakarya SKK Migas, Malik Subkhy Ubkhi awali dengan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta lokakarya media periode III oleh SKK Migas tahun 2023.

Pertemuan Pemimpin Redaksi (Pemred) media ini menjadikan suatu kehormatan bagi para pelaku usaha hulu migas karena banyak karya terkait informasi kegiatan hulu migas yang dipublikasi dan diketahui khalayak umum.

Baca Juga :  UMKM Alas Malang Jaya Ikuti Pameran Kapnas Jabanusa, Begini Kata Kades Samiudin

Dalam laporannya, pihaknya menyampaikan bahwa SKK-Migas Jabanusa dalam lokakarya periode III (tiga) saat ini mengusung tema ‘Peran Industri Hulu Migas dan tantangan Masa Kini dalam mendukung tercapainya ketahanan energi’ menyampaikan bahwa industri migas tetap menjadi energi yang sangat penting.

BERIKUT VIDEO PERJALANAN PESERTA SKK MIGAS 2023

Oleh karena itulah, Kesuksesan ini bisa kita pertahanankan dengan menguatkan Kerjasama dengan berbagai Media. Industri Hulu Migas bisa memberikan manfaat kepada Masyarakat dan menguatkan ketahanan Energi Bangsa ini, “Imbuhnya.

Ketua SKK Migas Jabanusa, Nur wahidi menjelaskan bahwa SKK Migas, KKKS dan media bisa mengembangkan media dan Migas secara bersama-sama.

Sehingga, Lokakarya Media Periode ke III (Tiga) ini dilaksanakan dengan tujuan Meningkatkan silaturahmi dan kolaborasi antara SKK migas dan media.

Karena Media adalah sahabat kami, keluarga kami dan corong dari kegiatan industri kami untuk menyampaikan segala bentuk informasi atau segala bentuk pendidikan bagi masyarakat terkait Migas.”Imbuhnya.

Baca Juga :  SKK Migas Dukung Peraturan Pemerintah Terkait Devisa Hasil Ekspor di Industri Hulu Migas

Apabila nantinya ada tambahan program, teman-teman media yang hadir saat ini bisa berkomunikasi guna bekerjasama dan berkolaborasi dengan kami.

Karena selain Lokakarya Media, salahsatu kegiatan Migas untuk teman-teman ada juga salahsatunya menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Jawa Timur, Jawa Tengah serta kegiatan lain.

Untuk data yang masuk ke kami per-saat ini, Produksi minyak di Jabanusa melebihi target dari produksi di Jabanusa,”Pungkasnya.

Lokakarya berlangsung dengan santai dan banyak berdiskusi langsung dengan para peserta Lokakarya tersebut.

sementara itu, Tenaga Ahli Utama Bidang Energi, Kedeputian I Kantor Staf Presiden, Hageng Suryo Nugroho saat memberikan materi yang berjudul Peran Industri Hulu Migas Menuju Ketahanan Energi.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh SKK Migas Jabanusa bersama KKKS Cluster Timur itu, Hageng menyampaikan bahwa Indonesia menawarkan banyak insentif fiskal, Legislatif juga akan merevisi UU Migas agar insentif tadi menjadi lebih menarik.

“Permintaan akan energi di Indonesia dan dunia juga besar alias meningkat setiap tahun. Itu berarti migas masih dibutuhkan. Kita lihat jumlah kendaraan yang meningkat tiap tahun, pabrik pupuk yang memerlukan gas, pembangkit listrik pun demikian,” ucap Hageng.Rabu (15/11/23)

Baca Juga :  Sertijab Wakapolres Minahasa Utara Kompol Sugeng Wahyudi Santoso SH,SIK Siap Melayani Dengan Hati

Ditempat yang sama, Anggota Dewan Pers, Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Dewan Pres, Arif Zulkifli dalam materinya yang berjudul Hubungan Narasumber dan Media dalam Mengembangkan Komunikasi yang Efektif di Industri Hulu Migas menerangkan bahwa ketahanan energi membutuhkan dukungan semua pihak.

Target lifting minyak pada 2024 sebesar 625.000 barel per-hari membutuhakan kerja kolaboratif semua pihak, salah satunya media.

“Opini publik dibentuk dari opini dan arah pemberitaan dari media. Krisis komunikasi akan menghambat pencapaian target tersebut. Memang kebebasan pers dan berekspresi perlu namun harus dikelola dan diatur agar sinergi tidak terganggu dan komunikasi tidak salah arah,” ujar Arif.

Arif sapaan akrabnya menjelaskan, hak informasi publik perlu dipenuhi, namun wartawan yang memberitakan juga harus tahu kode etik. Publik juga penting untuk mengenali media ,bentuk dan semacamnya.

“Dengan mengenali, akan terbentuk komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik penting sehingga bisa membangun sebuah hubungan yang harmonis antara media dan publik,”pungkasnya.

Diketahui, Lokakarya dimulai dengan Tarian sekar jagat, para pimpinan media mengikuti dengan khidmat rentetan kegiatan lokakarya di hari pertama, dan besok juga akan mengikuti Team Building dan rangkaian kegiatan lain.

Loading

Berita Terkait

SDN Pancor II Gelar Kegiatan Bazar di malam Pertama Perpisahan, Badri Ghazali: Implementasi P5 dari Kurikulum Merdeka
Bappeda Sumenep Mulai Sinkronisasi RKPD dengan KEM-PPKF 2025, Ini Tujuannya
Pasca dilantik, FPR Sumenep Warning Kades Raas Agar Tidak Main-Main Dalam Mengelola Dana Desa
di Hadiri 1500 Peserta, Kegiatan IOG SCM SUMMIT 2024 Tingkatkan Efisiensi Melalui Keterbukaan dan Sinergi Berlangsung Sukses
Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445H, Bupati Sumenep Keluarkan Surat Edaran Begini
Ambruknya Mega Proyek PATM, Warga Pasongsongan Dukung Aktivis Desak Polda Jatim
Aktivis ALARM akan Laporkan Para Pemain Mega Proyek PATM Sumenep
BKPSDM Bersama Universitas Veteran Gelar Sosialisasi Kegiatan RPL Program S2

Berita Terkait

Kamis, 13 Juni 2024 - 21:37 WIB

SDN Pancor II Gelar Kegiatan Bazar di malam Pertama Perpisahan, Badri Ghazali: Implementasi P5 dari Kurikulum Merdeka

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:42 WIB

Bappeda Sumenep Mulai Sinkronisasi RKPD dengan KEM-PPKF 2025, Ini Tujuannya

Selasa, 11 Juni 2024 - 21:38 WIB

Pasca dilantik, FPR Sumenep Warning Kades Raas Agar Tidak Main-Main Dalam Mengelola Dana Desa

Selasa, 11 Juni 2024 - 20:17 WIB

di Hadiri 1500 Peserta, Kegiatan IOG SCM SUMMIT 2024 Tingkatkan Efisiensi Melalui Keterbukaan dan Sinergi Berlangsung Sukses

Selasa, 11 Juni 2024 - 14:34 WIB

Ambruknya Mega Proyek PATM, Warga Pasongsongan Dukung Aktivis Desak Polda Jatim

Sabtu, 8 Juni 2024 - 14:45 WIB

Aktivis ALARM akan Laporkan Para Pemain Mega Proyek PATM Sumenep

Jumat, 7 Juni 2024 - 14:37 WIB

BKPSDM Bersama Universitas Veteran Gelar Sosialisasi Kegiatan RPL Program S2

Jumat, 7 Juni 2024 - 10:05 WIB

Pengawasan Anak Putus Sekolah di Kota Medan dan Deli Serdang, Sumatera Utara

Berita Terbaru